Ini Grojogan Lepo: Tempat Asik Bermain Air di Jogja

Ini Grojogan Lepo: Tempat Asik Bermain Air di Jogja

Grojogan Lepo – Lepo adalah kepanjangan dari Ledo Pokoh yang berarti lembah Pokoh. Dusun Pokoh yang berbatasan hingga Kabupaten Gunung Kidul membuat wilayah ini berkarakter kering. Hanya di Dusun Pokoh yang terdapat mata air, jumlahnya mencapai 9 buah mata air. Di sini, meski musim kemarau sekalipun, air tidak akan berhenti mengalir dari mata air. Uniknya, dulu mata air di salah satu kawasan Dusun Pokoh air mengalir sangat deras, namun semenjak gempat tahun 2006 alirannya mengecil.

Dimana Lokasi Air Terjun Lepo?

Air terjun Lepo terletak di Dsn. Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, kamu cukup menempun perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota Jogja, menyusuri jalan Imogiri Timur menuju arah Dlingo -Mangunan. Beberapa kilo meter sebelum sampai lokasi, kamu akan disambut jalanan yang cukup berliku dan naik turun serta deretan pohon pinus yang begitu memanjakan mata.

Jadi, Apa yang Menarik dari Grojogan Lepo?

Terdapat 4 kolam alami yang terhubung dengan 3 air terjun grojogan Lepo. Kedalamannya bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 2 m. Tampilannya tak kalah eksotis dengan Erawan Falls yang terdapat di Thailand.  Buat yang tidak terlalu pandai berenang, sebaiknya jangan mencoba main air ke bagian tengah, karena memiliki dasar yang dalam.

Nah, bagi penantang adrenalin, keindahan Grojogan Lepo juga dapat dinikmati dari ketinggian sambil ber-flying fox. Dari ketinggian, deretan air terjun dan kolam alami terlihat semakin cantik. Meraskan sensasi ber-flying fok di grojogan Lepo pasti akan menjadi moment liburan tak terlupakan.

Kuliner Khas yang Wajib Kamu Icip-icip di Kawasan Grojogan Lepo

Yang namanya berwisata, rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner lokalnya. Jadi, kalau kamu ke kawasan air terjun Lepo, jangan sampai melewatkan kuliner khasnya yaitu wedang kekep dan Nasi Bledak.  Nasi Bledak ini merupakan nasi jagung, yang dipadu dengan daun singkon dan ikan wader. Kenapa berbahan dasar nasi jagung? Karena dulu di dusun Pokoh ini sempat dilanda kekeringan, jadi padi sangat sulit tumbuh di kawasan ini.

Pesona grojogan Lepo memikat para wisatawan. Untuk masuk wisata ini masih belum ada biaya tiket masuk, kamu cukup bayar seikhlasnya saja untuk membantu menjaga serta melestarikan keindahan grojogan Lepo. Agar kealamiannya tetap terjaga, pengelola merencanakan mengarahkan grojogan Lepo sebagai kawasan observasi.

Nah, buat kamu yang mau liburan ke Yogyakarta, pastikan air terjun grojogan Lepo masuk ke dalam list destinasimu. Liburanmu di Jogja pasti akan menjadi liburan yang asik dan tak terlupakan. Jangan lupa, pulangnya mampir membeli oleh-oleh di Bakpia Mutiara Jogja. Selamat jalan-jalan. Selamat bersenang-senang. Tetap jaga kebersiahan dan kelestarian alam.

(foto dari @jejakbayuubay)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *