Goa Tanding Jogja

goa tanding

Goa Tanding Jogja

Goa Tanding, Gunung Kidul lagi banyak wisata-wisata barunya nih tak heran apabila Gunung Kidul selalu diburu para wisatawan yang datang ke Jogja. Belum lama Gunung Kidul kembali memperkenalkan wisata barunya yang keren banget. Namanya Goa Tanding atau Gua Tanding.

Goa Tanding ini berlokasi dekat dengan Goa Pindul yang juga sudah terkenal namanya dan Goa Pindul terkenal menjadi penyedot wisatawan setelah Pantai Gunung Kidul. Goa Tanding ini terletak di Dusun  Gelaran II, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Asal mula Goa Tanding ini adalah ketika salah seorang masyarakat Bejiharjo yang ingin membuat sumur, orang tersebut bernama Harto Tanding. Namun setelah lama menggali tak kunjung juga mendapat air keluar. Niat mbah Harto Tanding adalah ingin memperdalam galian sumur tersebut, ketika linggis alat yang digunakan untuk menggali sumur ternyata menembus rongga yang berada di perut bumi.

Secara tidak langsung dari sinilah mbah Harto Tanding dan keluarganya menemukan sebuah Goa. Yang pada akhirnya di beri nama Goa Tanding karna mbah Harto Tanding lah yang pertama kali menemukan Goa ini.

Goa Tanding ini beraliran sama dengan Goa Pindul, yang membedakan dari kedua Goa ini adalah jika Goa Pindul memiliki pintu masuk dan keluar yang berbeda disini hanya memiliki satu akses pintu masuk dan keluar yang sama. Disinipun untuk menyusuri Goanya tidak menggunakan Ban melainkan menggunakan perahu karet yang muat untuk 7 orang. Wisatawan yang masuk pun jumlahnya terbatas. Keindahan Stalaktik dan Stalakmit di Goa Tanding ini sangat memukau dengan warna keemasan berkilau dan alami.

 

goa tanding 1

goa tanding 1

Mulanya akses untuk masuk ke Goa ini hanyalah bisa melewati sumur mbah Harto Tanding karena situasi Goa di dalam tanah ini melebihi luas Goa Pindul yang sudah terkenal sebelumnya, kini sudah dibangun pintu masuk ke Goa Tanding ini sehingga mempermudah akses keluar masuk untuk menikmati keindahan wisata susur air bawah tanah.

Selain Wisata goa bawah tanahnya, Gua Tanding juga meningkatkan objek wisatanya yaitu berupa Terapi Gigitan Ikan. Letaknya yang bersanding dengan Goa sekitar 20 meter turun ke bawah dari pintu masuk. Berbeda dengan terapi ikan lain yang biasanya dalam kolam buatan, disini anda dapat menikmati terapi ikan dalam air yang jernih dan mengalir.

Para pengunjung yang datang ke Goa Pindul ini akan dikenakan biaya yang relatif mahal, hal ini akan sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan setelah menyusuri keindahan wisata bawah airnya dan melihat dinding kars yang keemasan didalamnya.

Jadi bagi anda yang datang ke Jogja. Jangan sampai lupa mampir ke wisata baru Gunung Kidul Goa Tanding ini. Selain menikmati indah Goanya anda juga dapat melepas lelah setelah menyusuri Goa dengan Terapi Gigitan Ikan disana. Jadi yukk ajak teman maupun keluargamu untuk berwisata ke Jogja untuk menyusuri keindahan-keindahan wisata baru di Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *