Goa Kidang Kencono

goa kidang

Goa Kidang Kencono

Goa Kijang Kencono, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kulon progo yang sekarang semakin banyak tereksplor kekayaan wisata alamnya yang begitu menakjubkan. Menyuguhkan wisata petualangan susur gua yang menantang dan juga begitu menyenangkan. Goa Kijang Kencono ini terletak tidak jauh dari Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo yang berarti Goa Kidang Kencono masih terletak di barisan perbukitan Manoreh yang tepatnya ada di dusun Sabrang Kidul, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Awal mula dinamakan Goa Kijang Kencono ialah berawal sejak ratusan tahun silam dimana ada seorang penggembala kambing yang bernama Mbah Bongsoriyo yang kehilangan kambingnya dan ketika ia sedang mencari tak sengaja menemukan hewan piaraannya tersebut berada di dalam sebuah gua bersama seekor kidang atau rusa. Sejak itulah gua tempat bertemunya Mbah Bongsoriyo dan si rusa tersebut dinamakan Goa Kijang Kencono. Goa yang memiliki  panjang lorong mencapai 350 meter ini dimulai dari mulut goa yang curam dan tak terlalu besar dengan diameter 2 meter yang menjadi pintu gerbang petualangan susur Goa Kijang Kencono.

Rute untuk menuju Goa Kijang Kencono dari arah Jogja adalah : Jogja tugu kebarat – Jl. Godean – Jembatan Progo – Pasar kenteng- Pasar Jonggrangan – Pertigaan Gua Kisendo amil kanan – ikuti papan petunjuk menuju Goa Kijang Kencono.

Sangat dianjurkan apabila ingin menyusuri Goa Kidang Kencono harus ditemani oleh pemandu setempat yang sudah paham dengan lokasi di dalam Goa Kidang Kencono, belum adanya banyak penerangan di dalam Goa dan adanya juga gemricik aliran sungai kecil yang ada di dalam goa akan membuat suasana penyusuran semakin menantang. Di sepanjang penelusuran Goa Kidang Kencono ini anda akan di suguhkan oleh ornamen-ornamen karst alam yang berbentuk menyerupai beberapa benda maupun tumbuhan antara lain seperti berbentuk ringin karung (pohon ringin), Candi Sewu (setupa Candi), Soko Bentet (pertemuan stalagmit dan stalagtit yang membentuk tiang), Bungkus Angkrem ( bentuk hati ), Langit Kuntoro, Bulus ( kura-kura), Pancoran. Semua ornamen yang terdapat dalam goa tersebut akan membuat pengunjung Goa Kidang Kencono berdecak kagum.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *