Geplak Jogja

geplak bantul

Geplak Jogja

Geplak Jogja, makanan khas kota Bantul yang satu ini cukup terkenal dan lebih sering di sebut dengan Oleh-oleh khas Jogja. Panganan Geplak saat ini menjadi trade mark bagi daerah Bantul. Bahkan kabupaten yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta ini mendapat julukan istimewa yaitu sebagai Kota Geplak. Panganan yang berbentuk bulatan-bulatan yang berbahan dasar daging kelapa muda, gula dan tepung beras atau tepung ketan ini menjadi salah satu ciri khas lidah orang Jogja karena rasanya yang begitu manis dan legit.

Dahulu, Geplak sendiri dimanfaatkan sebagai makanan pengganti beras atau nasi. Dimusim paceklik kerap masyarakat menjadikan Geplak menjadi makan pokok sehari-hari. Sejarah Geplak ini tidak lepas dari riwayat banyaknya pabrik gula yang berada di Bantul, pada era kolonial  Hindia Belanda, Bantul sangat terkenal dengan pabrik gula tebunya yang melimpah. Sampai saat ini pabrik gula yang masih bertahan yaitu Pabrik Gula Madukismo. Gula tebu yang dihasilkan inilah yang lalu dimanfaatkan untuk membuat panganan yang salah satunya kemudian di kenal dengan sebutan Geplak.

Keistimewaan Geplak sendiri terletak pada rasanya yang manis campur gurih kelapa menjadi suatu daya tarik oleh para wisatawan yang berkunjung di Jogja. Bagi yang belum pernah mencoba Geplak ini akan terasa sangat manis, namun apabila sudah terbiasa akan terasa pas dan sangat enak, apalagi seiring perkembangan jaman Geplak yang mulanya hanya berwarna putih dan coklat sekarang bervariasi dari rasa juga warna dan dikemas dalam kemasan yang menarik sehingga membuat orang yang melihat semakin tertarik untuk membawa pulang.

Hampir di semua pusat oleh-oleh Yogyakarta menjual makanan ringan berwarna-warni ini. Para wisatawan pun dengan mudah menjumpai Geplak sebagai buah tangan khas kota Jogjakarta ini di sepanjang jalan kota Jogja seperti di kawasan pathuk, malioboro, suryowijayan, prawirotaman dan lain-lain. Tak lengkap rasanya apabila datang ke kota istimewa Yogyakarta tanpa mencicipi atau menbawa pulang kembali makanan ringan berwarna-warni Geplak ini. Rasa yang Seistimewa kota Jogja.

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *