Festival Candi Kembar Plaosan

persiapan festival candi plaosan 7

Festival Candi Kembar Plaosan

Festival Candi Kembar Plaosan
5 Hari Menjelang Pembukaan Festival

Plaosan Berbenah
Festival Candi Kembar Desa Wisata Plaosan, Bugisan akan segera dilaksanakan. 5 hari lagi akan dilaksanakan pembukaan di pelataran candi kembar, sekaligus peletakan batu pertama Balai Budaya Kampung Budaya Candi Plaosan oleh Gubernur Jawa Temgah.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Plaosan, Bugisan bersama seluruh elemen masyarakat bahu membahu gotong royong untuk mempersiapkan acara ini.
Seluruh masyarakat sangat antusias menyambut perhelatan Festival sebagai bagian visi bersama mewujudkan Desa Wisata Candi Plaosan.

Persiapan menyeluruh dilaksanakan mulai dari spot khusus dan area desa wisata secara umum yang akan menjadi unggulan destinasi wisatawan.

persiapan festival candi plaosan 10

persiapan festival candi plaosan 10

Gotong Royong
Salah satu hal positif yang langsung bisa diambil dari seluruh rangkaian persiapan festival ini salah satunya adalah, bangkit dan semaraknya budaya gotong royong.

Tidak dipungkiri, di era digital dan globalisasi saat ini, budaya gotong royong yang merupakan kultur asli karakter nusantara mulai luntur.
Sikap budaya gotong royong yang semula menjadi sikap hidup bangsa telah mengalami banyak gempuran yang terutama bersumber pada budaya Barat yang agresif dan dinamis, mementingkan kebebasan individu. Masa sekarang ini, dampak globalisasi telah mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia tentang hakikat budaya gotong royong. Masyarakat menjadi cenderung individualis, konsumtif, dan kapitalis sehingga rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan senasip sepenanggungan antar sesama manusia mulai hilang tergerus ganasnya badai globalisasi yang mempunyai dampak negatif serta dampak positif tanpa difilter terlebih dahulu oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Arus globalisasi dalam bidang sosial budaya begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama kalangan muda.
Dengan kesadaran yang tinggi demi visi besar bersama, warga Plaosan bangkit dan gotong royong untuk bersama-sama mewujudkan Desa Wisata Candi Plaosan yang diimpikan. Mulai dari anak-anak, pemuda dan hampir seluruh warga masing-masing berperan sesuai kemampuan yang dimiliki.

persiapan festival candi plaosan 3

persiapan festival candi plaosan 3

persiapan festival candi plaosan 7

persiapan festival candi plaosan 7

Festival Candi Kembar yang akan dilangsungkan ini hanyalah salah satu dari upaya untuk mewujudkan dan mengembangkan kawasan Plaosan menjadi Kampung Budaya yang besar. Agenda dan visi besar ini akan mustahil dicapai tanpa adanya sinergi kerjasama dan kekompakan seluruh elemen masyarakat.

Semoga dengan acara ini dan kesinambungan program selanjutnya mampu mewujudkan Desa Wisata Plaosan Bugisan yang akan dikenal luas diseluruh Indonesia.

Selamat dan Sukses Festival Candi Kembar.

 

Prambanan, 01 November 2016
Bimo Wib
BakpiaMutiaraJogja

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *