Curug Watuploso Magelang

curug watuploso

Curug Watuploso Magelang

Curug Watuploso Magelang, lokasi dari Curug Watuploso ini berada di perbukitan Menoreh atau sebelah barat Candi Borobudur lebih tepatnya berada di sebelah bawah Punthuk Mongkrong & Punthuk Sukmojoyo. Beralamat di dusun Miriombo Kulon,desa Giripurno, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Curug Watuploso ini mulai banyak diminati wisatawan yang berkunjung di Jogja dan Magelang.

Wisata yang berbasis pedesaan ini banyak diburu dan diminati karena cocok untuk liburan bersama keluarga dan akses yang mudah dan tak terlalu jauh ini sehingga sangat pas dan cocok. Rute untuk dapat mencapaiCurug Watuploso Magelang ini ada 2 jalur yaitu pertama melewati jalan yang biasa dilaluketika hendak menuju Punthuk Sukmojoyo & Punthuk Mongkrong dan yang jalur kedua melewati jalan yang melalui gang masuk Bukit Punthuk Setumbu.

Curug Watuploso Magelang ini mempunyai tiga tingkatan air terjun dengan pemandangan air terjun pertama atau grojogan 1 sebagai daya tarik utamanya. Grojokan 1 ini memiliki ketinggian sekitar 10-12 meter, aliran Curug Watuploso Magelang merupakan gabungan aliran mata air dan sungai kecil yang mengalir dari perbukitan tersebut.

Kondisi aliran dan air yang masih bersih dan alami ini menjadikan air disini aman untuk dikonsumsi masyarakat sekitar loh. Debit air disini mengalir sepanjang tahun meskipun saat musim kemarau debit air disini akan menyusut dan sedikit. Fasilitas disini pun cukup berada, adanya gazebo, bangunan berbentuk kapal, tempat duduk berbentuk tangan, bangunan keris yang tertancap ke tanah, hingga tulisan raksasa bertuliskan nama curug tambah melengkapi keindahan dan kenyamanan di Curug Watuploso Magelang.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *