Bungker Kaliadem Yogyakarta

bungker kaliadem

Bungker Kaliadem Yogyakarta

Bungker Kaliadem Yogyakarta, Merapi merupakan salah satu Gunung teraktif di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. Setelah erupsi Merapi yang terjadi pada tahun 2006 dan 2010 telah merubah wajah Kaliadem yang dulunya digunakan untuk perkemahan yang hijau dengan hamparan tanah yang sangat luas sekarang telah tertimbun material-material bekas letusan Gunung Merapi.

Para pengunjung yang datang di Bungker Kaliadem ini dapat melihat sisa-sisa timbunan bekas letusan yang terjadi beberapa tahun silam. Dan juga dapat menyaksikan sebuah bunker tempat perlindungan yang telah memakan nyawa dua orang relawan yang berniat berlindung dari panasnya lava Gunung Merapi, namun naas kedua orang tersebut tak dapat bertahan hidup di bungker tersebut.

Saat ini bunker tersebut sudah dibersihkan dan lalu dicat putih, di depan pintu bunker terdapat prasasti yang mengisahkan riwayat bunker tersebut. Kini wilayah Bungker Kaliadem tersebut mnjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Jogja. Selain pemandangan yang apik dari sini para pengunjung juga dapat meihat Gunung Merapi secara lebih dekat, disamping itu udara disini pun nampak sejuk.

Banyak pengunjung yang datang kesini tak lepas dari rasa penasaran akan Bungker yang dulunya telah memakan korban jiwa ini. Jika kalian datang pada malam hari di Kaliadem akan sangat menarik karena para wisatawan dapat melihat lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava. Namun, pemandangan seperti  ini hanya dapat dilihat pada saat malam hari.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *