Alun-Alun Kota Magelang

alun alun magelang

Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang, merupakan landmark atau ikon Kota Magelang dan sekaligus menjadi daya tarik wisatawan Jogja tertama yang baru berkunjung ke Kota Magelang. Selain Wisata Taman Kyai Langgeng, Alun-alun ini mempunyai keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh alun-alun di kota lain seperti adanya bangunan menara air, patung Diponegoro, dan juga taman bunga di salah satu sudut Alun-Alun Kota Magelang ini.

Letaknya yang berada di Pusat Kota, menjadikan Alun-Alun ini banyak dikunjungi dan disinggahi para wisatawan yang memang sengaja datang ataupun melintasi jalanan Kota Magelang. Terdapat tulisan Magelang raksasa di sebelah timur dan menghadap ke timur sehingga tak jarang banyak pengguna jalan yang melintasi tertarik untuk mengabadikan foto di tulisan tersebut.

Terdapat sebuah taman lampion bunga di sudut Alun-Alun Kota Magelang ini yang dimana tak lain juga untuk memperkuat citra kota Magelang sebagai “Kota Sejuta Bunga”. Taman bunga yang dibuat melingkar tersebut disediakan juga bangku untuk para wisatawan yang ingin melepas lelah sembari menikmati ramai jalanan kota dan juga bangunan Klenteng Liong Hok Bio.

Lorong jalan yang mengelilingi Alun-Alun Kota Magelang ini pun sangat tertata rapi sehingga sangat enak dipandang, jalananya pun keramik sehingga tambah memperindah kawasan ikon Magelang. Disisi lain tak jauh dari Taman Bunga berdiri sebuah Patung Diponegoro yang nampak gagah. Saat malam hari, patung tersebut akan jauh lebih indah karena disorot oleh lampu disekelilingnya.

Satu hal yang paling mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Alun-Alun Kota Magelang ini adalah Menara airnya yang merupakan peninggalan Belanda. Dulu sering dimanfaatkan untuk menampung air dan untuk menyediakan kebutuhan air bersih di kota Magelang. Meskipun sudah ratusan tahun namun Menara air ini masih berfungsi dengan baik sampai sekarang. Masyarakat sekitar Magelang lebih sering menyebutnya dengan kompor raksasa karena memang bentuknya yang menyerupai kompor minyak.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *