Air Terjun Kedung Kandang

air terjun kedung kandang 2

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang, Air Terjun yang unik ini berada tersembunyi di Gunung Kidul. Air Terjun ini memiliki 6 tingkatan dan berada ditengah-tengah persawahan milik penduduk sehingga menjadikan pemandangan Air Terjun Kedung Kandang ini sangatlah alami, sejuk dan terlihat hijau mempesona. Lokasi tepat wisata ini terdapat di Dusun Gunungbutak, Nglanggeran, Pathuk, Gunung Kidul. Berada tak jauh dari kawasan wisata Embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran, jadi tak terlalu sulit untuk menemukan lokasi Air Terjun Kedung Kandang.

air terjun kedung kandang

air terjun kedung kandang

Untuk sampai ke Air Terjun Kedung Kandang ini haruslah memarkirkan kendaraan dan berjalan sekitar 900 meter melewati jalan yang masih dari tanah dan belum dicor. Sensasi perjalanan inilah yang membuat Wisata ini masih benar-benar alami.

Sebenarnya Air Terjun Kedung Kandang ini memiliki 3 Kedung dan sekitar 6 tingkatan air terjun. Nah, Kedung Kandang ini berada ditingkatan paling bawah dan juga paling besar, lalu diatasnya ada Kedung Temanten dan Kedung Keris.

Tebing-tebing batu vulkanik dan hamparan padi merupakan ciri khas dari pemandangan Air Terjun Kedung Kandang. Batuan di Air Terjun Kedung Kandang inipun didominasi dengan batuan vulkanik khas Gunung Api Purba. Ini dikarenakan memang letaknya yang tidak terlalu jauh dari Gunung Api Purba. Air Terjun unik yang bertingkat-tingkat sep[erti ini sangat jarang dijumpai, bahkah di Jogja Air Terjun seperti ini hanya ada di Air Terjun Kedung Kandang.

air terjun kedung kandang 1

air terjun kedung kandang 1

Air Terjun Kedung Kandang ini sebenarnya adalah Wisata alam Musiman, yang ada hanya ketika musim penghujan tiba. Jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang ini adalah ketika saat musim penghujan tiba atau saat pergantian musim dari penghujan ke kemarau. Karena pada saat musim kemarau hanya akan terlihat bebatuan saja.

Apabila kalian berkunjung saat musim menanam padi, tentulah pemandangan di Air Terjun Kedung Kandang ini akan terlihat lebih mempesona. Dengan batuan vulkanik dan hijaunya tanaman padi disisi kanan kiri Air Terjun ini membuat kalian akan semakin jatuh cinta dengan suguhan pemandangan alam seperti ini. Tempat ini sangatlah cocok bagi kalian yang lelah dan ingin melepas penat lebih dekat dengan alam. Namun ingat yaaa apabila disini tetaplah menjaga kebersihan Kedung Kandang ini dan tidak merusak tanaman padi yang ada disekitar sini.

Rute untuk menuju kawasan wisata Air Terjung Kedung Kandang ini adalah melewati Jogja
Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang atau Bukit Patuk – Perempatan timur Radio GCD FM ke kiri – Ngoro-oro – Setelah Puskesmas Patuk 2 ke kanan – Sekretariat Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran – SDN Nglanggeran -Pertigaan belok kiri – Pertigaan setelah Lapangan ke kanan lihat papan petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba.

Dan untuk dari Wonosari
Wonosari – Bundaran Siyono – Logandeng – Lanud TNI AU Gading – Tahura Bunder – Rest Area Bunder – Pertigaan Sambipitu memutar belok kanan – Pertigaan ke kiri menuju arah Bobung – Plumbungan – Bobung – Balai Padukungan Gunungbutak- Pertigaan sebelum Lapangan ke kiri lihat petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba.

Ternyata disekitar kawasan Kedung Kandang ini ada juga Wisata Njurug Talang Purba dan Puncak Ngekong. Njurug ini berada sekitar 150 meter dari Kedung Kandang dan juga merupakan Air Terjun musiman yang ada setelah hujan turun. Sedangkan Puncak Ngekong merupakan kawasan bukit disini, dari atas sini  dapat terlihat panorama keindahan dibawahnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *