Kabupaten Gianyar Diusulkan Menjadi World Craft Council

World Craft Council (WCC) telah mengunjungi kabupaten Gianyar di Bali, untuk mengevaluasi potensi kabupaten yang akan dinyatakan sebagai World Craft City. Menurut data, seluruh tim mengunjungi beberapa tempat di Gianyar, termasuk Desa Celuk, sekolah kejuruan SMIK 1 Sukawati, Neka Art Museum, Blanco Renaissance Museum dan Pasar Ubud, selama akhir pekan. Kepala WCC Ghada Hiijawi Qaddumi mengatakan bahwa Gianyar diusulkan untuk menjadi World Craft City karena kabupaten tersebut memenuhi kriteria dewan.

Untuk dinyatakan sebagai Kota Kerajinan Dunia, Gianyar harus memenuhi tujuh persyaratan, yaitu keaslian, orisinalitas, pelestarian, pemasaran, ramah lingkungan, pengakuan internasional dan keberlanjutan. Qaddumi menambahkan bahwa tim juga mempertimbangkan peran administrasi lokal dan institusi pendidikan dalam melestarikan kerajinan lokal.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Tangan Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan bahwa upaya ini bertujuan untuk memperkenalkan kerajinan Gianyar ke dunia dan memberikan kesempatan kepada seniman lokal untuk berinteraksi dengan seniman kerajinan internasional. Adnyani menyebutkan bahwa interaksi dapat memberikan manfaat melalui transfer pengetahuan dan jaringan, yang memungkinkan seniman kerajinan Gianyar untuk meningkatkan kualitas produk mereka dan memasuki pasar global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *