6 Wisata Tersembunyi di Yogyakarta yang Harus Masuk List Liburanmu

Kota Yogyakarta memang tempat tanpa akhir untuk berlibur. Sebab, di kota budaya ini akan selalu ada sesuatu yang baru untuk dilakukan atau suatu tempat yang layak untuk dikunjungi. Ratusan wisatawan datang ke Jogja setiap hari. Jadi jangan kaget kalau kamu akan menemukan banyak surga tersembunyi di Jogja selain Malioboro, Candi Borobudur, dan Keraton Yogyakarta.
 
Terlepas dari lokasinya yang terpencil, keenam wisata tersembunyi di Yogyakarta ini akan mengantarkanmu pada pemandangan yang menakjubkan:
 

1. Kalisuci

 
Terletak di desa Pacarejo, Kabupaten Gunung Kidul, Kalisuci terkenal dengan aktivitas gua tubingnya. Kawasan hijau di sekitar Kalisuci adalah tempat yang tepat bagi mereka yang suka menjelajahi alam. Ada juga mata air yang tidak akan terpengaruh oleh air hujan. Oleh karena itu, disebut kalisuci.
 

2. Puncak Soroloyo

 
Untuk mencapai puncak Soroloyo, kamu harus menaiki 290 anak tangga. Perjalananmu akan dibayar dengan pemandangan dari 1.019 meter di atas permukaan laut di mana kamu bisamenyaksikan matahari terbenam dengan latar belakang empat gunung; Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.
 

3. Pantai Pok Tunggal

 
Pantai Pok Tunggal juga terletak di Gunung Kidul. Pantai perawan yang tersembunyi di balik tebing curam dengan pasir putih ini hanya memiliki satu vegetasi; pohon Duras.
 

4. Gua Jomblang

 
Terletak di tengah kawasan karst di Gunung Kidul, gua vertikal menciptakan pemandangan yang indah. Pesonanya berada di “cahaya surga” berasal dari sinar matahari sekitar pukul 10: 00-12: 00. Anda juga dapat menjelajahi gua dengan memakai peralatan keamanan bersama pemandu.
 

5. Gumuk Pasir Parangkusumo

 
Parangkusumo adalah satu-satunya bukit pasir di Indonesia. kamu bisa melakukan olahraga dengan menggunakan skateboard buatan di sini.
 

6. Pantai Timang

 
Untuk mencapai pantai Timang, kamu harus melalui kontur jalan yang tidak rata. Atraksi di salah satu pantai di Yogyakarta ini adalah di sebuah gondola kecil yang digunakan untuk menyeberangi tebing dan dioperasikan secara manual oleh pemandu yang dipasang di dua bukit. Jika kamu cukup berani untuk menyeberangi tebing, kamu bisa merasakan ombak laut saat menaiki gondola. Lokasi ini juga telah digunakan untuk syuting program tv terkenal Korea Selatan yang disebut Running Man.
 
Dari keenam wisata di atas, mana yang belum kamu kunjungi dan mana yang ingin kamu kunjung? Jangan lupa untuk selalu membawa Bakpia Mutiara ya… 🙂
 
(Foto featured by @distadj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *