6 Tips Wisata Hemat ke Pulau Penida Tahun Ini

Dengan pemandangan pasir pantainya yang putih serta tebing karstnya yang memesona, membuat banyak wisatawan datang ke Nusa Penida. Terletak di sebelah tenggara Bali, pulau ini adalah tempat sempurna karena banyak didatangi ribuan pengunjung setiap hari. Nah, bagi kamu yang berencana menikmati keindahan Nusa Penida, berikut adalah beberapa tips dari Bakpia Mutiara agar perjalananmu menyenangkan sekaligus hemat biaya.
 

1. Beli tiket penyebrangan lebih awal

 
Nusa Penida dapat dicapai dengan speed boat dari Pelabuhan Sanur di Bali ke Pelabuhan Banjar Nyuh di Nusa Penida. Satu kali perjalanan dengan biaya Rp 75.000. Kapal berangkat dari Pelabuhan Sanur pada pukul 08:15, 10:45 dan 3 sore. Dari Banjar Nyuh Port, berangkat jam 9:15 pagi, 2:15 siang dan jam 5 sore. Meskipun tiket dapat dibeli di tempat, namun jumlahnya terbatas setiap hari. Lebih baik untuk membeli tiket setidaknya satu hari sebelumnya untuk menghindari antrean panjang.
 

2. Sewa kendaraan

 
Satu-satunya cara untuk bergerak di Nusa Penida adalah dengan menyewa kendaraan, sehingga penduduk sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh biasanya menawarkan kendaraan untuk disewakan. Sewa satu hari reguler adalah Rp 75.000 untuk sepeda motor dan Rp 500.000 untuk mobil. Harga ini termasuk bensin, jadi pastikan tangki kendaraan diisi sebelum menyewakan.
 

3. Tempat wisata murah

 
Raja Lima, atau Molenteng sebagai penduduk setempat menyebutnya, adalah tempat wisata yang terletak 45 menit dari Banjar Nyuh Port. Tempat ini memiliki rumah pohon di mana pengunjung dapat mengambil gambar dengan laut yang luas dan latar belakang karst. Pantai Atuh dan Diamond adalah dua tempat wisata yang paling dekat dengan Raja Lima. Kedua spot ini membanggakan pasir putih khas Tanjung Penida, laut yang jernih, dan karst. Tiket masuknya hanya Rp 5.000
 

4. Maksimalkan kunjungan

 
Setiap sudut Pulau Nusa Penida menawarkan pemandangan yang indah. Ada lebih dari lima tempat untuk pengambilan foto menarik di Raja Lima saja. Memaksimalkan waktu berkunjung di setiap tujuan agar meminimalkan pengeluaran.
 

5. Persiapkan persediaan dan peralatan

 
Nusa Penida sangat hangat di siang hari, jadi terapkan tabir surya untuk perlindungan kulit. Pakaian dan alas kaki yang nyaman juga wajib. Juga bawa minuman dan kudapan untuk menghemat uang, karena di situs wisata tersebut harganya cukup mahal.
 

6. Datang tepat waktu

 
Ketepatan waktu adalah kunci untuk kunjungan Pulau Nusa Penida yang lebih murah. Kehilangan jadwal penyebrangan perahu cepat berarti menunggu keberangkatan hari berikutnya. Nusa Penida memiliki beberapa penginapan dengan harga mulai dari Rp 200.000 hingga 300.000 per malam, tetapi kamar kosong tidak selalu tersedia.
 
Jadi gimana? Sudah siap berangkat ke Nusa Penida?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *