6 Hal yang Jangan Kamu Lakukan Saat Berada di Candi - Bakpia Mutiara Jogja

6 Hal yang Jangan Kamu Lakukan Saat Berada di Candi

candi borobudur
Indonesia adalah rumah bagi ribuan candi. Sejarah dan kecantikannya yang berusia berabad-abad menjadikan banyak candi salah satu tujuan paling populer di Indonesia. Yang paling terkenal termasuk Borobudur dan Prambanan di Jawa Tengah dan Muara Takus di Sumatra. Karena candi adalah tempat ibadah ketika dibangun, ada sejumlah aturan umum dan pedoman untuk dilakukan. Di bawah ini Bakpia Mutiara Jogja rangkum daftar yang harus kamu lakukan dan jangan kamu lakukan saat berada di candi.
 

1. Jangan melakukan vandalisme

 
Candi adalah warisan yang tak ternilai dari zaman kuno. Batu berusia berabad-abad yang dibangun dengan kuil sangat rentan terhadap bahan kimia dan merusak kuil dengan meninggalkan bekas atau coretan di atasnya sangat dilarang. Tindakan seperti itu dapat menyebabkan kehancuran batu, dan hilangnya sejarah.
 

2. Jangan sembarang selfie

 
Saat bepergian di jaman sekarang tidak dapat dipisahkan dari mengambil foto narsis, selalu ingat di mana kamu berada. Keindahan kuil yang agung tidak dapat disangkal, menjadikannya latar belakang yang sempurna dalam sebuah foto. Saat berpose untuk foto di dekat kuil, jangan melompat-lompat dalam kelompok atau memanjat stupa. Perilaku seperti itu dapat merusak candi sehingga memulihkannya nyaris mustahil.
 

3. Patuhi aturan

 
Sejumlah candi memiliki perangkat aturan yang berbeda. Apa yang diizinkan dalam satu daerah mungkin tidak dalam yang lain. Perhatikan aturan dan lingkungan, dan selalu ingat untuk menghormati norma-norma di daerah.
 

4. Hormati ritual keagamaan

 
Beberapa candi masih menjadi tempat pemujaan serta lokasi wisata, seperti Kalasan dan Borobudur untuk umat Buddha dan Cetho dan Prambanan untuk umat Hindu. Doa dan upacara keagamaan mungkin sedang dalam proses, jadi perhatikan ritual keagamaan dengan menonton dari kejauhan.
 

5. Berhati-hatilah

 
Beberapa aturan umum termasuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak berlari, tidak berbicara dengan suara keras dan tidak bersumpah serapah.
 

6. Berpakaian dengan tepat

 
Pengunjung tidak boleh memakai alas kaki yang dapat merusak batu candi. Alas kaki dengan perlengkapan tajam dan sol keras dapat menyebabkan kerusakan batu yang tidak dapat diperbaiki. Tutupi bahu dan kaki Anda. Beberapa candi menyediakan sarung untuk pengunjung, tetapi yang terbaik adalah dari dirimu sendiri.