5 Tempat Wisata di Banda Niera. Wajib Kamu Kunjungi di 2018

Pernah dengar Banda Neira? Duo band itu? Bukan! Banda Neira adalah pulau utama dari gugusan kepulauan Banda, di Maluku Tengah. Lokasinya persis di tenggara kota Ambon. Banda Neira juga jadi ibu kota kecamatan Banda dan sempat jadi tempat pengasingan Bung Hatta serta Sutan Sjahrir selama 6 tahun. Bukan hanya memiliki sejarah yang panjang, Banda Neira juga memiliki pesona yang akan memikat hatimu.

Nah, paling tidak sekali seumur hidup jalan-jalanlah ke Banda Neira dan jelajahi 5 tempat keren ini.

Menikmati keindahan Benteng Belgica yang melegenda

Benteng yang sudah ada sejak tahun 1611 ini adalah salah satu peninggalan di jaman Portugis. Setelah Belanda mengambil alih pemerintahan, benteng ini pun dijadikan tempat untuk memantau lalu lintas kapal dagang. Sekilas, bangunan ini mirip gedung Pentagon di Amerika Serikat dengan bentuk segi lima. Saran kami, datanglah saat sore hari, kamu akan melihat suset dengan background biru laut dan pulau-pulau yang eksotis!

Istana Mini Neira yang begitu megah

VOC mendirikan istana Mini Neira satu tahun sebelum Istana Merdeka di Batavia (Jakarta). Awalnya, istana ini adalah tempat tinggal Gubernur VOC. Itulah mengapa istana ini menjadi bangunan termegah dan terindah di Banda Neira. Nah, buat kamu yang suka fotografi, jangan lupa mampir ya. Pastikan kamu juga bawa perlatan kamera agar hasil fotomu lebih ciamik.

Mengenangan Indonesia di situs sejarah Rumah Pengasingan Bung Hatta dan Sjahrir

Di rumah pengasingan bung Hatta kamu bisa melihat peninggalan sang proklamator, dari sepatu, kacamata, jas, tempat tidur, serta meja tua dan mesin tik. Rumah ini menjadi saksi bahwa meski dalam pengasingan, Bung Hatta masih menyempatkan diri untuk menulis. Oh ya, jangan lupa juga untuk mampir di rumah pengasingan Sjahrir. Sekitar 10 menit dari rumah peninggalan Bung Hatta, kamu bisa melihat rumah pengasingan Sjahrir. Di rumah bergaya Indis itu, kamu akan menemukan barang-barang peninggalan Sjahri, seperti piringan hitam, lemari kayu berisi buku catatan dan alat tulis.

Rumah Budaya Banda Neira akan memberimu pengetahuan tentang banyak hal

Banda Niera terkenal kerena memiliki kualitas pala yang sangat bagus. Itulah mengapa pulau ini begitu berharga di mata orang asing di jaman dulu. Nah, cuilan sejarah tentang Bnada Neira bisa kamu temukan di Rumah Budaya Banda Neira. Di museum ini terdapat catatan sejarah, mata uang, barang-barang peninggalan VOC, sampai sejumlah lukisan yang menggambarkan situasi di masa itu.

Jangan salah kira, Banda Niera juga jadi salah satu spot menyelam paling cantik di Indonesia

Di pulau yang nampak sepi ini sering dijadikan spot untuk menyelam oleh wisatawa asing. Keindahan bawah lautnya ternyata menjadi sihir tersendiri mengapa banyak orang rela jauh bertandang ke pulau ini. Beberapa spot terkenal untuk menyelam di Banda Niera adalah Pulau Keraka, Sonegat, Pulau Sjahrir Batu Kapal, Pulau Ai, Pulau Lontar,  hingga Pulau Hatta.

Dengan jejak sejarah sampai beberapa spot keren untuk menyelam, menjadikan Banda Neira sangat layak kamu kunjungi setidaknya seumur hidup sekali. Jadi, yuk ke Banda Niera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *