5 Spot Baru di Sabana Sikasur, Situbondo Untuk Meryakan Tahun Baru

Desa Baderan, Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur, telah selesai mengadakan acara dengan mengundang sejumlah penyanyi, salah satunya adalah Citra Scholastika, dengan panggung bernama JazZavanna Sikasur. Acara ini diadakan untuk memperkenalkan objek wisata sabana Sikasur, yang berada di lereng Gunung Argopuro, dan untuk menyambut tahun kunjungan wisatawan pada tahun 2019. Bagi pendaki gunung, jalur sabana Sikasur ini adalah tempat yang akrab. Terletak di lereng Gunung Argopuro atau dikenal sebagai Suaka Margasatwa Dataran Tinggi, sabana unik ini adalah jalur hiking terpanjang di pulau Jawa.
 
Untuk memperkenalkan daerah sabana ini, pemerintah setempat juga memfasilitasi akses ke objek wisata alam pegunungan dan di Situs Rengganis, fasilitas dan infrastruktur juga telah dibangun. Inilah tempat-tempat unik dari sabana Sikasur.
 

1. Terletak di antara Argopuro dan Puncak Rengganis

 
Savana Sikasur terletak di antara Gunung Hyan atau lebih dikenal dengan Argopuro dan Puncak Rengganis, tepatnya terletak di Desa Baderan, Kabupaten Sumbermalang, sekitar 18 kilometer selatan Besuki. Luasnya mencapai 70 hektar. Terletak di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut.
 

2. Danau Sitanjung

 
Saat mengunjungi savana Sikasur, wisatawan juga akan menemukan Danau Sitanjung yang eksotis. Biasanya, di sini juga dapat ditemukan rusa yang datang untuk minum.
 

3. Berkemah

 
Savana Sikasur biasanya merupakan tempat berkemah oleh pendaki sebelum mendaki. Bagi wisatawan, tentu saja, jangan lewatkan untuk menikmati suasana alam saat menginap di Sikasur.
 

4. Lapangan terbang vintage

 
Di sabana ini, ada lapangan terbang yang tidak lagi beroperasi. Lapangan terbang tersebut dibangun pada 1940-an oleh AJM Ledeboer sebagai bagian dari kegiatan budidaya rusa yang diimpor dari luar negeri.
 

5. Bunga liar Gladiol

 
Ketika kamu datang ke sini selama musim hujan, kamu bisa menemukan bunga gladiol yang berwarna-warni di sabana ini. Biasanya, bunga liar ini mekar dari Januari hingga April. Di antara rumput di sabana Sikasur, bunga-bunga ini memiliki keindahannya sendiri. Awalnya berasal dari Afrika Selatan, terlihat putih, merah muda dan kekuningan.