4 Pemandian Alam di Jogja. Rekomended Kamu Ajak Jejeguran!

4 Pemandian Alam di Jogja. Rekomended Kamu Ajak Jejeguran!

Bakpia di Jogja – Akhir-akhir ini, cuaca Jogja di siang hari sangat panas, membuat sejumlah orang merasa kurang bergairah dalam menjalankan segala aktifitas. Dengan cuaca panas saat siang hari seperti sekarang ini rasanya ingin berendam saja di air biar segar. Hmmm… bagaimana kalau kita berburu pemandian alam saja? Oke, setuju ya. Dari hasil nanya-nanya sejumlah wisatawan nih, Jogja punya beberapa tempat pemandian alam yang rekomended buat jejeguran. Untuk nama tempat, tiket dan lokasi, tengok langsung nih di bawah ini yess. Silahkan duduk manis dan selamat membaca.

1. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan mata air yang terletak di Dsn. Banyunganti, Ds. Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.  Pemandian alam yang memiliki jam kujung dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore ini tidak dikenai tiket masuk, cukup membayar parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Buat yang tak pandai berenang, sebaiknya jangan coba-coba berenang di sini karena Taman Sungai Mudal memiliki dasar yang dalam.

2. Blue Lagoon

Blue Lagoon yang memiliki nama lain Tirta Budi ini terletak di Ds. Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Yogyakarta. Perjalanan  yang kamu tempuh untuk sampai lokasi dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pemandian alam yang memiliki jam kunjung dari pukul 7 pagi sampai maghrib ini dikenai harga tiket Rp5.000 dan parkir 2.000/motor. Karena Blue Lagoon ini memiliki dasar yang cukup dalam, untuk keselematan bagi yang tidak pandai berenang sebaikanya cukup bermain air ditepian saja.

3. Umbul Saren

Umbul Saren atau yang memiliki nama lain Umbul Pajangan ini terletak di Ds. Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Jogja untuk sampai lokasi memakan waktu tempuh sekitar 45 menit. Pemandian alam yang memiliki jam kunjung dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 petang ini tidak dikenai biaya tiket masuk cukup dengan membayar parkir Rp2.000/motor. Seperti halnya Taman Sungai Mudal dan Blue Lagoon, Umbul Saren juga memiliki dasar yang cukup dalam. Jadi, buat yang tidak pandai berenang sebaiknya cukup foto-foto saja dari permukaan.

4. Green Kayen

Green Kayen terletak di Dsn. Kayen, Ds. Condong Catur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta. Pemandian alam dengan  jam kunjung dari pukul 8 pagi sampai 5.30 sore ini memiliki waktu tempuh dari pusat jogja sekitar 30 menit. Untuk menikmati segarnya pemandian alam yang satu ini kamu tidak dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Sama seperti pemandian alam yang sudah disebutkan di atas, Green Kayen pun tidak dianjurkan untuk orang yang tidak pandai berenang karena pemandian alam ini juga memiliki dasar yang dalam yaitu mencapai 4 meter. Tapi buat yang tidak pandai berenang dan tetap ingin merasakan kesegaran air dari Green Kayen cukup bermain air tepian saja jangan sampai bermain ke tengah.

Nah, dari ke empat pemandian alam Jogja di atas, mana nih yang paling membuat kamu langsung tertarik untuk dikunjungi? Kemanapun tujuannya, ingat ya tetap jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Oke deh, puas nyegerin badan jangan lupa pulangnya melipir dulu beli oleh-oleh di Bakpia Mutiara Jogja. Ada 5 varian rasa bakpia, yaitu: kacang hijau, coklat, keju, green tea dan kumbu hitam. Semuanya memiliki cita rasa yang sungguh menggoda lidah dan bisa bikin siangmu adem!

(Foto featured dari @arif_sejati28)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *