4 Embung di Jogja Untuk Lihat Emasnya Sinar Sunset

4 Embung di Jogja Untuk Lihat Emasnya Sinar Sunset

Bakpia di Jogja – Embung -menurut wikipedia, merupakan waduk atau cekungan penumpung air hujan di musim hujan dan biasaya dimanfaatkan oleh petani untuk irigasi atau mengairi lahan saat musim kemarau. Kehadiran embung beberapa waktu belakangan ini bukan hanya sebagai irigasi, tapi juga sebagai obyek wisata karena view yang ditawarkan memang sangat menarik para wisatawan. Nah, berikut ini 4 embung kece dengan view sunset yang harus masuk list destinasi jalan-jalanmu ke Jogja. Simak.

1. Embung Nglanggeran

foto dari @jsoewarno

foto dari @jsoewarno

Embung Nglanggeran terletak 2 KM dari kawasan basecamp Gunung Api Purba Nglanggeran di Dsn. Nglanggeran Wetan, Ds. Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja memakan jarak tempuh 28,8 km atau sekitar 1 jam perjalana. Embung yang diresmikan tahun 2013 silam oleh Sri Sultan ini memiliki view yang kece, terlebih saat waktu sore saat sinar matahari berubah keemasan. Harmonisasi antara pemandagan embung dan sunset sungguh menawan. Embung yang memiliki jam kunjung 24 jam ini dikenai tiket masuk yang sangat ekonomis yaitu hanya Rp3.000/orang.

2. Embung Batara Sriten

foto dari @kedaizu01

foto dari @kedaizu01

Selain Embung Nglanggeran, Gunungkidul juga memiliki embung Batara Sriten. Lokasinya terletak di kawasan Bukit Sumilir, tepatnya di Dsn. Sriten, Ds. Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perajalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jogja. Tiket masuk untuk menikmati kemegahan Embung Batara Sriten ini diharaga Rp3.000/orang, sementara untuk biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Embung yang memiliki jam kunjung dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore ini menawarkan view alam khas dataran tinggi yang begitu epic, ditambah lagi view sunsetnya yang begitu eksotis. Tempatnya yang jauh dari pusat kota menjadi salah satu alternatif buat kamu yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

3. Embung Kleco

foto via ant photograph

foto via ant photograph

Bukan hanya Gunungkidul, Kulonprogo pun memiliki embung Kleco dengan view sunset yang begitu epic. Embung Kleco tertelak di kawasan perbukitan Menoreh, tepatnya di Dsn Ngesong, Ds. Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, memakan jarak tempuh sekitar 30 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Embung yang memiliki jam kiunjung dari pukul 5.30 pagi sampai 7 malam ini hanya dikenai biaya parkir Rp2.000/motor. Lokasinya yang berada diketinggian tentu menjadi daya tarik tersendiri buat siapapun yang berkunjung kesini.

4. Embung Tambakboyo

 foto via dolanotomotif

foto via dolanotomotif

Tak mau kalah dengan Gunungkidul dan Kulonprogo, Sleman pun memiliki Embung Tambakboyo dengan view sunset yang begitu elagan. Embung ini sebenarnya sudah ada lebih dulu dari Embung Nglenggeran, Embung Sriten dan Embung Kleco. Selain itu, lokasi embung Tambakboyo ini juga tak telalu jauh dari pusat kota, tepatnya di tiga desa yaitu Ds. Condong Catur, Ds. Wedomartani dan Ds. Maguwo, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Yogyakarta. Embung yang kerap dimanfaatkan sebagai sarana olahraga khususnya joging ini memiliki waktu tempuh sekitar 30 menit atau sekitar 13,9 km dari pusat kota Jogja. Embung yang memiliki jam kunjung 24 jam ini hanya dikenai biaya parkir saja sebesar Rp2.000/motor.

Nah.. Puas menikmati keindahan embung di Jogja, pulangnya jangan lupa beli oleh-oleh di Bakpia Mutiara Jogja. Oke, sahabat Mutiara, tetap jaga kebersihan dan jangan  buang sampah sembarangan yess.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *