3 Wisata Madiun di Lereng Gunung Wilis Untuk Liburan Keluarga

Kawasan wisata di lereng Gunung Wilis tersebar di beberapa kota. Salah satunya ada di daerah Madiun. Tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Wilis tersebar di Kecamatan Kare, Dagangan, dan Wungu. Nah, berikut Bakpia Mutiara Jogja rangkum tiga tempat menarik yang bisa kamu nikmati di lereng Gunung Wilis:
 

1. Hutan Wisata Nongko Ijo

 
Hutan Wisata Nongko Ijo terletak di kawasan Perhutani; sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang sejuk atau tubing di Sungai Catur. Ada juga tempat-tempat foto yang unik dan menarik, termasuk rumah pohon dan ayunan. Kamu juga bisa memetik kakao dan cengkeh selama musim panen.
 

2. Perkebunan Kopi Kandangan

 
Di Kecamatan Kare, ada perkebunan kopi yang diwarisi dari kolonial Belanda, yang didirikan pada tahun 1911. Daerah ini cukup luas, hampir di sepanjang lereng Gunung Wilis hingga perbatasan Kabupaten Ponorogo. Wisatawan bisa melakukan tur bersejarah di lokasi ini karena dulu merupakan rute gerilya Jenderal Soedirman dan jejak perjuangan bangsa melawan Belanda, yang ditandai oleh Monumen Brigade Mobil Sakip dan Sanali. Ada juga villa, bagi yang ingin menikmati suasana perkebunan lebih lama.
 

3. Air Terjun

 
Sebagai daerah pegunungan, banyak air terjun yang tersebar di sekitar Gunung Wilis, termasuk di Madiun dan Kediri. Setidaknya ada 5 air terjun yang sering dikunjungi oleh pendaki dan wisatawan jika mereka masuk dari Madiun. Di Kecamatan Kare, Madiun, ada air terjun Seweru di desa Kare, air terjun Denu di desa Kepel, air terjun Seloaji di desa Randualas, air terjun Coban Kromo di desa Bodag, dan air terjun Banyu Lawe di desa Kepel.
 
Jadi gimana? Tertarik mengujungi tiga tempat di atas? Yang terpenting jangan lupa untuk selalu membawa Bakpia Mutiara ya 🙂