3 Takjil Tradisional Favorit Jogja

pisang kencana jogja

3 Takjil Tradisional Favorit Jogja

3 Takjil Tradisional Favorit Jogja, berburu kuliner ketika menjelang buka puasa memanglah suatu hal yang wajib bukan? hehe… Seperti di Jogja, banyak sekali orang yang berbondong-bondong mencari menu takjil ketika sore atau juga disebut dengan Ngabuburit. Istimewanya lagi, banyak sekali Pasar Ramadhan yang ada di Jogja ini bahkan hampir di pinggir-pinggir jalan Jogja banyak kita jumpai penjual takjil puasa.

Namun, taukah Anda jika ada 3 Takjil khas Jogja yang selalu menjadi buruan para masyarakat Jogja ketika bulan Ramadhan tiba. Makanan Tradisional khas Jogja ini sangat banyak diminati karena kelezatanya yang terkenal hingga hanya dapat dijumpai ketika saat bulan Ramadhan saja.

  1. Kicak
    Merupakan Kue Ramadan kudapan khas Kampung Kauman ini terbuat dari ketan dan campuran kelapa parut, gula, pandan serta parutan buah nangka. Kicak yang biasa dengan mudah di temui di pasar Tiban ini termasuk kue basah dan hampir semua pedagang di sini menyajikan kudapan khas Bulan Ramadan yang satu ini.
  2. Pisang Kencono
    Untuk sajian yang satu ini siapa sih yang gak penasaran, aromanya dan citarasa khas nusantara ini terasa begitu  manis dan gurih ketika digigit. Kudapan yang berbahan utama buah Pisang ini biasanya disajikan dengan campuran gula dan santan yang sudah dimasak terlebih dahulu. Makanan yang satu ini mengingatkan kita pada salah satu makanan yang bernama Kolak, hampir sama namun beda loh ya.
  3. Lemper Yogyakarta
    Makanan yang satu ini khas banget, makanan yang sangat mudah ditemui di penjual kue basah ini sangat banyak disegani. Bahkan sampai saat ini makanan yang bernama Lemper ini masih dilestarikan untuk menghiasi acara-acara adat Jawa loh. Berbahan dasar ketan yang dimasak dengan santan citarasa gurih dan lezat Lemper Yogyakarta ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya.

Nah itu dia 3 Takjil Tradisional Favorit Jogja. Berburu yuk untuk buka puasa yang istimewa di Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *